News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sultan HB X Tolak Rencana Prabowo Pindahkan Makam Pangeran Diponegoro ke Yogya

Sultan HB X Tolak Rencana Prabowo Pindahkan Makam Pangeran Diponegoro ke Yogya


WARTAJOGJA.ID : Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berencana memindahkan makam Pangeran Diponegoro dari Makasar ke Yogyakarta.

Keinginan itu disampaikan Prabowo saat menghadiri Forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Makassar pada Kamis 13 Juli 2023.

Raja Keraton yang juga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  Sri Sultan Hamengku Buwono X merespon rencana pemindahan makam Pangeran Diponegoro yang juga putra dari Sri Sultan Hamengku Buwono III itu.

"Kalau menurut saya tidak usah (makam Pangeran Diponegoro dipindahkan ke Yogyakarta," kata Sultan HB X di Yogyakarta Jumat 14 Juli 2023.

Sultan menuturkan, pemindahan makam Pangeran Diponegoro itu tidak perlu karena ia melihat masyarakat di Makasar pun sudah begitu menghargai keberadaan makam tokoh yang memimpin Perang Jawa selama periode tahun 1825 hingga 1830 itu 

Makam Pangeran Diponogoro di Makasar, juga senantiasa dirawat dengan baik.

"Di sana (Makasar), Pangeran Diponegoro juga dihargai masyarakat,  masyarakat Makassar juga menjaga makam itu dengan baik," kata Sultan.

"Sehingga saya kira tidak perlu makam itu harus diputar (dipindahkan) ke Yogyakarta," Sultan menambahkan.

Di Makasar, Prabowo mengatakan pemindahan makam Pangeran Diponegoro ke Yogyakarta perlu dipertimbangkan.

"Perlu kita pikirkan, (Pangeran Diponegoro) seorang yang berjuang, tertawan oleh musuh, puluhan tahun dibuang, tidak boleh kembali ke kampung halamannya di saat Indonesia merdeka," kata Prabowo.

Namun Prabowo menuturkan, pemindahan makam Diponegoro itu tentu hanya dengan restu masyarakat Sulawesi Selatan.

"Apa baiknya, kita kembalikan makam Pangeran Diponegoro ke kampung halamannya lagi," ujar Prabowo.

"Mungkin saya sodorkan suatu pemikiran dengan seizin rakyat Sulawesi Selatan, kita kembalikan beliau (Pangeran Diponegoro) ke kampung halamannya sendiri (di Yogya)" kata Prabowo. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment