News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan SiBakul di Banjarsari Kulon Progo, Dinas Koperasi UKM DIY Dorong UMKM Bidik Pasar Potensial

Sarasehan SiBakul di Banjarsari Kulon Progo, Dinas Koperasi UKM DIY Dorong UMKM Bidik Pasar Potensial



WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY kembali menggelar Sarasehan SIBAKUL pada Senin 3 Juli 2023 yang dipusatkan di Joglo Sandi Negara Banjarsari  Kaliwunglon, Banjarsari, Kap. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 


Hadir sebagai narasumber sarasehan   untuk mendukung pemulihan ekonomi daerah secara komprehensif dan skema pengelolaan desa mandiri budayaa itu antara lain Muh Ajrudin Akbar, S.SOS. (Anggota DPRD DIY), Muhyadi, S.Ag ( Lurah Banjarsari) Supriyadi (Praktisi UMKM inspiratif) dan Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA (Kadiskop UKM DIY).


Kawasan Desa Wisata Banjarsari merupakan satu desa yang masuk dalam list desa wisata terbaik.

Selain disuguhi dengan pemandangan areal persawahan yang sejuk, asri lagi hijau, wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan alam dan warga sekitar. 


Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA selaku Kadiskop UKM DIY memaparkan sebagai desa wisata, Banjarsari tentu bertumbuh ratusan UMKM cukup pesat dengan aneka produk andalan. 


"Pelaku UMKMnya punya inovasi atau pun punya kreativitas yang sangat luar biasa seperti ada keripik tape, kayaknya ini kan juga belum ada dalam sistem Sibakul, padahal ini sangat menarik dipasarkan lebih luas," kata Siwi.


Siwi mengatakan Banjarsari lahan pertanian lahan kering. Pastinya lahan kering dengan lahan basah akan berbeda komoditasnya.


"Namun yang pasti, kita sepakat produk yang ada di sini tidak dijual mentah saja, tapi ada sudah ada sentuhannya atau diolah, biar ada value atau nilai tambahnya," kata dia.


Untuk memberi nilai tambah ini juga perlu kreativitas.


"Banjarsari sudah masuk desa wisata maka potensi ini kita harus optimalkan, harus memanfaatkan dengan branding desa wisata yang melekat, harapannya kalau wisata mestinya akan wisatawan yang akan kita bidik dengan produk-produk yang ada di sini.


Siwi mengatakan hingga memasuki awal 2023, kondisi ekonomi sudah mulai pulih.  Aktifitas perekonomian kembali normal.  Pertumbuhan ekonomi mulai pulih, dengan tingkat kemiskinan menjadi problematika yang kembali harus dientaskan. (Cak/Rls)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment