News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ratusan Lansia Ikuti Senam Prolanis di GOR Tridadi Sleman

Ratusan Lansia Ikuti Senam Prolanis di GOR Tridadi Sleman


WARTAJOGJA.ID : Lebih dari 300 orang peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) mengikuti senam Prolanis di Gedung Olahraga Tridadi, Sleman, Sabtu (15/07). 

Dipandu tiga instruktur, mereka memperagakan senam bugar lansia dan dilanjut senam fun aerobic. Setelah itu ditutup dengan Senam Akupresure Mandiri Pijat-Pijat Pancen Oye (PPO) yang dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Sentolo I, Kabupaten Kulon Progo.

Program promotif preventif yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Sleman dihadiri oleh 20 club Prolanis se-Kabupaten Sleman yang dihadiri 325 orang peserta Prolanis, lima laboratorium kerjasama dan tiga Apotek Kimia Farma. 


Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara BPJS Kesehatan, Tim Prolanis Terpadu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan peserta Prolanis. Kebanyakan peserta Prolanis terdiri dari para lansia yang masih mempunyai semangat tinggi dalam menjaga kondisi kesehatan, terutama para penyandang penyakit kronis, hipertensi dan diabetes militus.

 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sleman, Muhammad Idar Aries Munandar mengatakan, kegiatan senam Prolanis ini merupakan salah satu upaya untuk menerapkan pola hidup sehat dan meningkatkan engagement multistakeholder yang berujung kepada kepuasan peserta .


 "Prolanis merupakan salah satu kegiatan untuk menghadirkan gambaran kolaborasi nyata multi stakeholder secara komprehensif, mulai dari pemeriksaan laboratorium, konsultasi kesehatan, dan pemberian obat untuk membuat kondisi peserta Prolanis terkendali,” ungkap Nandar.

Nandar juga mengatakan, dengan senam Prolanis ini diharapkan peserta Prolanis dapat meningkatkan upaya dalam menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan yang sehat untuk kesehatan tubuh.

“Melalui senam Prolanis ini, diharapkan peserta Prolanis dapat rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat, sehingga pasien tetap hidup sehat meskipun menderita penyakit kronis. Kami pun berharap kelompok Prolanis yang telah terbentuk selama ini dapat selalu menjaga pola hidup sehat. Para lansia yang mengikuti acara hari ini sangat bergairah dan semangat sekali,” tuturnya.

Prolanis sendiri merupakan suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta yang menderita penyakit kronis. Hal ini merupakan langkah promotif preventif yang menjadi ruh dalam pelayanan kesehatan. Kolaborasi seperti ini merupakan upaya promotif preventif yang dapat memperkuat sistem pelayanan kesehatan di Indonesia

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh FKTP atas kerjasama dan dukungannya terhadap Program Prolanis dan kepada seluruh peserta Prolanis yang telah hadir memeriahkan Senam Prolanis yang diadakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Sleman dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun BPJS Kesehatan ke-55,” tutup Nandar.   

Sementara itu, peserta Prolanis Citra Asih Hipertensi, Sutarno, 74, yang juga turut serta mengikuti senam prolanis, mengatakan, kegiatan senam Prolanis yang dikumpulkan di satu tempat seperti ini sangat membuatnya senang sekali, karena dapat bertemu banyak peserta lain dari berbagai club prolanis, tidak hanya menambah teman, tetapi dapat bersosialisasi dan menambah semangat.   

“Kami mewakili lima belas peserta Prolanis dari Club Prolanis Citra Asih dr. Muchamat Indriyanto. Ratarata usia diatas enam puluh tahun yang hadir mengikuti senam Proalanis. Ini merupakan healing bagi kami peserta Prolanis dan menjadi penambah semangat kami terus aktif di club Prolanis,’ kata Sutarno.

Sutarno juga mengucapkan, Dirgahayu BPJS Kesehatan ke-55 tahun semoga makin jaya. Harapannya Program Prolanis selalu ada karena dengan program seperti ini seluruh penyandang penyakit kronis, hipertensi dan diabetes militus  dapat terpantau kesehatannya dan diperhatikan kesehatan. Tidak hanya itu, dengan kegiatan rutin seperti ini menggerakkan komunikasi antar komunitas seperti komunitas senam prolanis. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment