News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kasus Antraks Gunungkidul, Pelaku Wisata Berharap Tak Pengaruhi Tren Kunjungan Wisata

Kasus Antraks Gunungkidul, Pelaku Wisata Berharap Tak Pengaruhi Tren Kunjungan Wisata


Penanganan Antraks di Gunungkidul (ist)

WARTAJOGJA.ID  : Kalangan pelaku wisata yang tergabung dalam Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meminta pemerintah daerah segera mengatasi penyakit antraks dari Gunungkidul yang sepekan terakhir menghebohkan publik.

“Persentase kunjungan wisatawan Gunungkidul terhadap total kunjungan wisatawan ke DIY termasuk paling besar, karena di situ terdapat kawasan pantai selatan,” kata Ketua GIPI DIY Bobby Ardyanto Setyo Ajie Selasa 11 Juli 2023.
Penyakit antraks di Gunungkidul yang mencuat sejak pekan lalu diketahui mengakibatkan setidaknya 87 warga terpapar dan tiga warga meregang nyawa setelah mengkonsumsi daging sapi mati yang telah tertular.  Meski demikian, hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Gunungkidul juga DIY belum menetapkan peristiwa itu sebagai Kejadian Luar Biasa atau KLB. 
Bobby menuturkan penanganan yang solutif atas kasus itu, perlu transparan sehingga terjaga kepercayaan wisatawan untuk berkunjung.
“Sektor pariwisata adalah industri yang sangat sensitif, terkait dengan kepercayaan, kenyamanan, dan keamanan, maka hal seperti ini perlu terklarifikasi dengan terang benderang, jangan sampai jadi bola liar,” kata dia.
Bupati Gunungkidul Sunaryanta menilai status KLB antraks saat ini masih belum diperlukan karena situasi sudah relatif terkondisi.
"Untuk KLB sementara masih belum (diberlakukan), karena situasi (penanganan antraks) sudah kondusif, kami lihat lagi situasinya ke depan," kata Sunaryanta 11 Juli 2023.
Penerapan KLB, kata Sunaryanta, harus dikaji matang karena memiliki resiko besar dan berpotensi berdampak pada sektor perekonomian masyarakat. 
Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menyatakan telah bergerak mengantisipasi agar satu dusun di mana kasus antraks ditemukan, yakni Dusun Jati Kecamatan Semanu, dilokalisir agar tidak menyebar ke wilayah lain.
Adapun Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul awal pekan ini melansir kunjungan wisata tahun ini ditarget 4,1 juta orang. Hingga awal Juli tercatat kunjungan ke destinasi wisata Gunungkidul baru sebanyak 1,4 juta orang dan mayoritas didominasi kunjungan kawasan pantai.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment