News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

DPRD DIY Dorong Kampung Tangguh Bencana Terus Bertambah

DPRD DIY Dorong Kampung Tangguh Bencana Terus Bertambah


WARTAJOGJA.ID : Pembentukan Kampung Tangguh Bencana di seluruh kampung guna membangun kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana menjadi hal yang krusial.

Pembentukan Kampung Tangguh Bencana itu penting untuk membangun respon masyarakat siap menghadapi bencana. Hal itu agar masyarakat tidak panik saat terjadi bencana, bisa menyelamatkan diri dan mengurangi risiko korban bencana. Mengingat bencana dapat terjadi kapan saja sehingga diperlukan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto menyebut saat ini sudah terbentuk 145 Kampung Tangguh Bencana dari total sekitar 169 kampung yang ada di Kota Yogyakarta. Pihaknya berjanji, jumlah ini akan terus didorong dan ditingkatkan.

“Harapannya mencapai 169 di tahun depan, sehingga kalau tidak ada refocusing anggaran, maksimal 2025 sudah terbentuk,” kata Eko dalam rapat terkait penanggulangan bencana di DPRD DIY, Selasa (11/7/2023).

Eko menambahkan, Kampung Tangguh Bencana bukan pusat pengendalian operasional untuk penanganan kedaruratan. Tugas Katana adalah melakukan pengkoordinasian terkait edukasi dan antisipasi bencana.

“Tetapi kan kesehariannya juga menangani kedaruratan, sehingga harus waspada,” ujar dia.

Ia mengajak Kampung Tangguh Bencana untuk menjadi Duta Kebersihan Kota. Salah satu yang patut diperhatikan adalah memastikan kebersihan lingkungan sekitar, guna mencegah bahaya terkait, seperti banjir.

“Harus memastikan sungai bersih dari sampah,” tegasnya.

Program kampung tangguh bencana yang dibentuk sejak 2013 bertujuan agar masyarakat siap menanggulangi serta mengantisipasi bencana. Target pencegahan tidak hanya berfokus pada bencana gempa dan gunung meletus tetapi juga longsor dan Covid-19.

BPBD DIY memiliki strategi penanggulangan bencana berbasis masyarakat baik melalui program-program yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, kampung, hingga kelurahan. Masyarakat harus memiliki semangat dalam mencegah serta membantu antar sesama jika terjadi  bencana. BPBD DIY juga sudah melakukan sosialisasi terkait pencegahan bencana ke tiap-tiap desa.

“Dari 430 desa dan kelurahan di DIY, kita sudah berhasil membangun 304 kelurahan dan desa tangguh bencana yang di dalamnya ada 45 kelurahan di Kota Yogyakarta,” ucap Eko.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Yogyakarta Danang Rudiyatmoko yang hadir dalam acara ini mengajak kampung-kampung untuk bisa menjaga nilai-nilai historisnya. Ini agar sesuai dengan status istimewa dari DIY. “Pemda DIY perlu memperhatikan hal ini,” kata dia. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment