News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Di Pakualaman Kota Yogyakarta, Sarasehan SiBakul Dinas Koperasi UKM DIY Ajak UMKM Berkolaborasi

Di Pakualaman Kota Yogyakarta, Sarasehan SiBakul Dinas Koperasi UKM DIY Ajak UMKM Berkolaborasi

 


WARTAJOGJA.ID : Dinas Koperasi UKM DIY kembali menggelar Sarasehan SIBAKUL pada Selasa 4 Juli 2023 yang dipusatkan di Wisma Serbaguna Giri Arum Jl. Suryopranoto No.26, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta.


Hadir sebagai narasumber sarasehan   itu antara lain Wisnu Hermawan, S.P., M.T. (Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan KUKM Dinas Koperasi dan UKM DIY), Imam Priyono D Putranto, SE. M.Si. (Anggota DPRD DIY) Moch Ismail (Lurah Purwokinanti),Pendamping/Perwakilan Bisnis/UMKM.


Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kecamatan Pakualaman sangat berkembang pesat. Salah satunya di Kampung Purwokinanti.


Ratusan UMKM bergerak di bidang jajanan kuliner dan kerajian. Bahkan Pakualaman telah mampu memasok dan menjangkau kebutuhan snack dan nasi kotak sari tingkat kelurahan hingga provinsi.



Wisnu Hermawan, S.P., M.T. (Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan KUKM Dinas Koperasi dan UKM DIY),mengatakan Purwokinanti Pakualaman jadi adalah satu kelurahan yang berada di dekat pusaran pusaka pusaka budaya Puro Pakualaman 


"Jadi nuansa kulturalnya cukup kuat di sini sebenarnya, apalagi akses di Kelurahan Purwokinanti ini cukup luas sebenarnya, maka kalau kita bicara branding sudah cukup terkenal," kata Wisnu.


Selain terkenal memiliki sentra rujak es krim, produk di Purwokinanti Pakualaman sangat beragam sekali.


"Sangat banyak produknya, misalnya di depan tadi ada nasi jinggo yang ada labelnya, bukan sekedar model kucingan, tapi ada stikernya," kata dia.


"Jadi tata kelola bisnis nya sudah cukup lumayan ya, kalau bicara baik sudah cukup lumayan dalam arti jiwa entrepreneurnya ada ,opo opo iso dadi duit istilahnya" kata Wisnu.


Misalnya kreasi permen bir pletok yang sangat kreatif atau mukena yang dikemas bentuk ka bah dan sebagainya. 


"Bahkan beberapa akses digital warga sudah cukup kuat, sangat wajar sekali ya di sini kan di daerah urban yang rame sekali untuk memasarkan apapun bisa dan aksesibel sekali, makanya perlu inovasi terus," kata dia. 


Dinas Koperasi UKM.DIY pun mendorong pelaku UMKM berkolaborasi untuk brandingnya dengan Puro Pakualaman sehingga gaungnya lebih luas. Seperti untuk produk batik Paku. (Cak/Rls)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment