News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Alumni SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Ini Dapat Beasiswa Senilai Rp 1 Miliar dari UAD

Alumni SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Ini Dapat Beasiswa Senilai Rp 1 Miliar dari UAD


Shaldhan Bayu Yuska

WARTAJOGJA.ID : Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Dr Muchlas MT menyerahkan beasiswa senilai Rp 1 miliar kepada Shaldhan Bayu Yuska, alumni SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Muhi) di Grha As- Sakinah Muhi, Jalan Gotongroyong, Kemantren Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Senin (10/07/2023).

Bayu merupakan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran UAD yang baru masuk tahun ajaran ini.

Beasiswa yang pertama kali ini diserahkan langsung Rektor UAD, Dr Muchlas MT kepada Shaldan Bayu Yuska yang didampingi Kepala Sekolah SMA Muhi Yogyakarta, Drs H Hery Nugroho, MPd.

Muchlas mengatakan beasiswa ini diberikan hingga menyelesaikan pendidikan di Fakultas Kedokteran UAD dan beaya hidup. 

Perinciannya, sumbangan uang gedung sebesar Rp 200 juta, biaya pendidikan Rp 400 juta, living cost Rp 100 juta, SPP Profesi Rp100 juta, pembinaan prestasi nasional dan internasional sebesar Rp 50 juta, serta pembinaan dan peningkatan kapasitas mahasiswa. 

“Sehingga total beasiswa Rp 1 miliar,” kata Muchlas.

Lebih lanjut Muchlas menjelaskan UAD menyediakan banyak beasiswa yaitu full scholarship atau beasiswa penuh tidak ada pungutan sepeserpun. 

Selain itu, ada beasiswa SPP saja, beasiswa uang gedung, beasiswa dari keluarga Perserikatan Keluarga Muhammadiyah, beasiswa berhubungan dengan talenta dan lain-lain.

Penyerahan beasiswa Rp 1 miliar ini bersamaan dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) – Forum Orientasi Siswa (Fortasi) terhadap siswa-siswi kelas X SMA Muhi Yogyakarta. Juga pembekalan Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (Ismuba). 

“Semoga penyerahan beasiswa ini menginspirasi adik-adik sehingga bisa berpretasi seperti Shaldan Bayu Yuska,” kata Muchlas.

Muchlas menjelaskan terpilihnya Shaldhan Bayu Yuska sebagai peraih beasiswa senilai Rp1 miliar telah melalui proses seleksi yang ketat. 

Total ada 500 pendaftar beasiswa tersebut yang masuk ke UAD untuk mengajukan. Akan tetapi dengan berbagai pertimbangan dari sisi potensi akademik hingga prestasi siswa kemudian terpilih Bayu Yuska.

Sementara Hery Nugroho mengatakan siswa SMA Muhi yang mendapatkan beasiswa paling besar baru kali ini dan diterima Shaldan Bayu Yuska. Tetapi siswa-siswi SMA Muhi yang mendapatkan beasiswa dari berbagai perguruan tinggi sudah banyak. “Ini luar biasa karena ditanggung sampai lulus,” kata Hery Nugroho.

“Harapan kami penyerahan beasiswa ini bisa memotivasi, dan menginspirasi siswa-siswa lain di sekolah kami. Tentu kami sangat bangga dengan capaian dari ananda Shaldhan Bayu Yuska,” katanya.

Hery Nugroho menambahkan Shaldan Bayu Yuska merupakan siswa yang mendapatkan beasiswa. Shaldan Bayu Yuska didapatkan dari pencarian bibit unggul dari SMP Parakan Temanggung, Jawa Tengah. (Cak/Rls)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment