News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sarasehan SIBAKUL Di Seyegan Sleman, UMKM Didorong Kian Kreatif dan Produktif

Sarasehan SIBAKUL Di Seyegan Sleman, UMKM Didorong Kian Kreatif dan Produktif




WARTAJOGJA.ID : Sarasehan SIBAKUL kembali digelar Dinas Koperasi UKM DIY pada Sabtu 10 Juni 2023.

Sarasehan yang mengusung tema Pemberdayaan UMKM melalui Kewirausahaan Desa itu digelar di Aula Kal. Margoagung, Jalan Tegal Gentan, Bulu, Kal. Margoagung, Kap. Seyegan, Kabupaten Sleman.

Hadir sebagai narasumber Syukron Arif Muttaqin, S.E selaku Anggota DPRD DIY, Wisnu Harmawan, S.P.,MT. selaku Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan Dinas Koperasi dan UKM DIY,   Djarwo Suharto selaku Lurah Margoagung dan Tokoh Pendamping/Pelaku UMKM Inspiratif.

Wilayah Sayegan Sleman terkenal dengan melimpahnya produk UMKM yang disajikan. Mulai dari kerajinan, fashion, pupuk hingga kuliner.

Hal ini tak lepas dari aktifnya Forkom UMKM Seyegan membuat gebrakan dengan menggelar event bagi UMKM yang menampilkan produk UMKM nya masing masing. UMKM Seyegan pun terpacu untuk terus berusaha mencari terobosan dalam memasarkan produk produknya. Serta membangun strategi untuk mempromosikan produk UMKM.

Wisnu Harmawan, S.P.,MT. selaku Kepala Bidang Layanan Kewirausahaan Dinas Koperasi dan UKM DIY mengatakan hingga memasuki awal 2023, kondisi ekonomi sudah mulai pulih.  

"Aktifitas perekonomian kembali normal. Pertumbuhan ekonomi mulai pulih, dengan tingkat kemiskinan menjadi problematika yang kembali harus dientaskan,; merupakan ekses yang harus ditangani secara bijak dan berkelanjutan," kata dia.

Terlebih, memasuki pertengahan tahun 2022, skema pembangunan kawasan perdesaan yang berkelanjutan dengan pemberdayaan UMKM harus kembali digiatkan seiring dengan upaya pengentasan kemiskinan, penurunan ketimpangan, dan menekan angka pengangguran; melalui kegiatan ekonomi produktif. 
 
Berpijak pada hal tersebut, Dinas Koperasi UKM DIY tetap konsisten berupaya melakukan revitalisasi ekonomi yang tetap mendasarkan pada cara-cara yang meneguhkan pemenuhan adaptasi kebiasaan baru, seperti diantaranya kebijakan TRANSFORMASI DIGITAL melalui system SIBAKUL JOGJA.   

Salah satu upaya startegisnya adalah menyelenggarakan sarasehan UMKM yang diadakan pada lokasi perdesaan.  Harapannya, terjadi silang diskusi, masukan, hingga pencerahan dan inspirasi antar pemangku kepentingan yang lintas sector maupun lintas kewenangan, dalam membangun ekonomi perdesaan yang berbasis UMKM pada wilayah setempat.  

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment