Catat Tanggalnya, Jogja Coffee Week #3 Segera Digelar
WARTAJOGJA.ID :Setelah sukses dengan event Jogja Coffee Week #2 tahun 2022. Selanjutnya tanggal 1-5 September 2023 mendatang akan digelar Jogja Coffee Week #3 dengan tema “Indonesia Coffee Showcase” di Jogja Expo Center (JEC). Yogyakarta. Event ini didukung oleh KADIN DIY, Pemda DIY dan JEC.
Panitia telah mengantisipasi pengunjung yang diperkirakan mencapai 50.000 orang
dengan menambah kapasitas ruang pameran menjadi 2 hall, yaitu hall B dan ball C
JEC.
“Tujuan event Jogja Coffee Week #3 adalah untuk mendorong perkembangan usaha kopi dari hulu sampai hilir”, jelas Rahadi Saptata Abra (CEO PT Medialink Internasional) selaku Ketua OC
Dalam gelaran Jogja Coffee Week #3 tidak hanya pameran kopi dan produk terkait saja, namun juga diselenggarakan sejumlah workshop dengan topik yang dibutuhkan oleh pelaku usaha saat ini dan mendatang. “Jadi event ini merupakan event bisnis sekaligus edukasi, baik bagi anta pelaku usaha (B to B) maupun antara pelaku usaha dengan konsumen (B to C)”, jelas Abra.
“Di Kota Yogyakarta dan sekitarnya
berkembang usaha kedai dan kafe yang menyediakan kopi sebagai menu utamanya”,
jelas GKR Mangkubumi (Ketua KADIN DIY). Menurut Gusti Mangkubumi, setidaknya
tercatat lebih dari 1.200 usaha kopi pada tahun 2022 dan potensi omzetnya
diperkirakan mencapai Rp 360 milyar. Jumlah usaha tersebut potensinya luar
biasa baik dari aspek bisnis dan penyerapan tenaga kerja. “Potensi bisnis kopi
yang luar biasa tersebut menjadikan KADIN DIY memberi dukungan kepada event
Jogja Coffee Week #3”, ungkap Ketua KADIN DIY tersebut.
“Beberapa tahun belakangan ini tren
minum kopi semakin meningkat sehingga tak heran jika kedai kopi semakin
bermunculan di mana-mana”, ujar Robby Kusumaharta (Wakil Ketua KADIN DIY) yang
menjadi Ketua Pengarah event Jogja Coffee Week #3. Menurut Robby, penikmat kopi beserta
variasinya semakin banyak atau pasarnya
semakin meluas. Kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja, eksekutif atau bahkan kalangan
tua sekalipun menjadikan kopi sebagai minuman favorit mereka. “Peluang inilah
yang harus dimanfaatkan dengan menjalankan bisnis kedai kopi dengan konsep kekinian”,
harap Robby Kusumaharta.
“Dibalik
pasar yang begitu luas, persaingan bisnis kopi di Yogyakarta justru semakin
ketat, sehingga diperlukan strategi yang tepat agar bisnis kopi mampu bertahan
dan berkelanjutan”, jelas Abra selaku Ketua Panitia Jogja Coffee Week #3. Menurut Abra, event tersebut dapat menjadi
forum untuk memperoleh informasi dan edukasi agar pelaku bisnis kopi mampu
bertahan dan tumbuh berkembang usahanya. “Diharapkan pemangku kepentingan
bisnis kopi dapat berkontribusi dalam event Jogja Coffee Week #3 baik sebagai
peserta, sponsor maupun pengunjung”, harap Y. Sri Susilo anggota Tim Humas
Panitia Jogja Coffee Week #3 dalam rilisnya kepada media. (Cak/Rls)
Post a Comment