News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Karnaval Merdeka Belajar Sajikan Atraksi Ragam Kesenian Budaya

Karnaval Merdeka Belajar Sajikan Atraksi Ragam Kesenian Budaya




WARTAJOGJA.ID : Ribuan orang peserta menyemarakkan wajah pendidikan Indonesia dalam kegiatan Karnaval Merdeka Belajar. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek berlangsung, di Museum Benteng Vredeburg Minggu (28/5) di Yogyakarta, 

Kegiatan yang diikuti peserta dari unsur pelajar, pegiat pendidikan, dan pegiat seni budaya yang menyajikan beragam atraksi, terdiri dari tiga rangkaian acara, yaitu Indonesia Bergerak, Indonesia Serempak, dan Indonesia Semarak.

Seperti dikatakan Ahmad Mahendra selalu Direktur Film, Musik dan Media Baru Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek mengatakan bahwa rangkaian acara tersebut dihadiri para pelajar dengan sanjian kegiatan atraksi. Disisi lain Indonesia Bergerak salah satunya menghadirkan suasana pencahayaan di fasad Museum Benteng Vredeburg. 

"Selain itu, Karnaval Merdeka Belajar nantinya akan bergerak bersama dengan koreografi yang terinspirasi dari 24 episode Merdeka Belajar. Pada acara Indonesia Serempak akan menghadirkan pertunjukan budaya di jalanan. Selain itu, bagian dari Karnaval Merdeka Belajar ini juga menyajikan atraksi ragam gerak dan bunyi nusantara," jelas Mahendra kepada wartawan. 

Disebutkan kembali bawah pada rangkaian acara Indonesia Semarak akan menyajikan video mapping di fasad Bank BNI 46 Yogyakarta. Selain itu, juga menghadirkan pertunjukan dengan tema wajah pendidikan Indonesia dari masa ke masa.

Dari sajian rangkaian acara sudah langsung terbayang keseruan Karnaval Merdeka Belajar ini. Terlebih diselenggarakan di Yogyakarta yang terkenal sebagai kota pelajar.

" Yogyakarta mendapat julukan ini karena banyaknya pusat-pusat pendidikan yang didirikan di Yogyakarta. Selain itu, juga karena banyaknya orang-orang yang sengaja ke Yogyakarta untuk menuntut ilmu," katanya. 

Selain sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga terkenal sebagai kota gudeg. Ya, makanan khas daerah dengan bahan dasar nangka muda tersebut terkenal hingga mancanegara.

Di kota gudeg tersebut, masyarakat pada hari Minggu (28/5) bisa menyaksikan gambaran wajah pendidikan Indonesia. Wajah pendidikan yang terus mengalami perubahan dan perkembangan.

Terlebih adanya kebijakan Merdeka Belajar yang memberikan warna tersendiri pada pendidikan di Indonesia. Sebanyak 24 episode telah digelar.

Semua episode memberikan dampak dan kontribusi nyata terhadap paradigma baru pendidikan di Indonesia. Melalui Karnaval Merdeka Belajar ini masyarakat akan melihat pendidikan Indonesia dalam tampilan yang berbeda.

Unsur-unsur yang ditampilkan tidak lepas dari kekayaan budaya nusantara. Tentunya semua dikaitkan dengan perkembangan pendidikan di Indonesia. (Cak/Rls0

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment